Pengertian Ombak Bono Sungai Kampar, berikut penjelasan dan keistimewaannya!

- Senin, 6 Februari 2023 | 08:59 WIB
Ombak Bono (Hops.ID/Irfan Tatang)
Ombak Bono (Hops.ID/Irfan Tatang)

Hops.ID - Ombak biasanya bisa kita lihat di sepanjang perairan atau beberapa ratus meter dari bibir pantai. Berbeda halnya dengan Ombak Bono, sebuah ombak yang berada di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Dikenal dengan istilah Ombak Bono, Bono merupakan fenomena ombak yang terjadi di Sungai Kampar dengan ketinggian bisa mencapai 6 meter.

Ombak Bono terjadi akibat pertemuan tiga arus di mulut muara, yaitu dari Sungai Kampar, Selat Malaka, dan Laut China Selatan, telah menciptakan tidal bore bernama bono.

Baca Juga: Terapkan gaya hidup sehat? dr Zaidul Akbar berikan tips murah meriah hanya dengan menu sarapan ini

Gelombang dari Selat Malaka dan Laut China Selatan akan menerobos ke muara sungai. Saat melewati celah yang semakin menyempit dan dangkal dari DAS Kampar, arus akan semakin cepat dan terjadi benturan besar karena bertemu aliran sungai sehingga terjadi turbulensi dan menghasilkan ombak besar setinggi 4-5 meter mirip gelombang tsunami disertai dentuman keras.

Bono akan terus menerjang sepanjang DAS selama sekitar dua jam dan semakin melemah ketika jalur sungainya membelok.

Gelombang bono memiliki kecenderungan destruktif karena menyebabkan erosi di wilayah sempa dan Sungai Kampar serta air yang melimpah ke daratan tak jarang merendam permukiman warga hingga setinggi satu meter. Bukan itu saja, gelombang besar bono bisa menyebabkan perahu nelayan terbalik.

Baca Juga: Masuk Islam, Antonio Dedola dapat hidayah? Nikita Mirzani: Bukan karena...

Fenomena bono tidak terjadi setiap hari di Sungai Kampar. Bono hanya muncul ketika terjadi bulan purnama (full moon) di penanggalan 12-16 hijriyah atau tahun sistem kalender Arab.

Kita dapat menyaksikan ombak besar bono pada Oktober hingga Desember ketika puncak musim hujan saat debit air Sungai Kampar sedang tinggi. Ombak bono juga dapat kita saksikan pada Februari hingga Maret.

Keistimewaan Ombak Bono

Tidak hanya dinikmati oleh warga lokal, Ombak Bono juga diminati oleh turis bahkan menjadi tempat favorit untuk berselancar di atas papan.

Baca Juga: Pemilik followers terbanyak di dunia, mega bintang sepak bola Cristiano Ronaldo berulang tahun ke 38

Hal istimewa dari Ombak Bono yaitu Ombak bisa menempuh jarak sejauh 50-60 kilometer (km) menyisir sepanjang daerah aliran sungai (DAS) dengan kecepatan rata-rata 40 km per jam dikutip dari indonesia.go.id dan riau.go.id pada 5 Februari 2023.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: riau.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini