Mencari jejak Ra Semi, pejabat tinggi Majapahit yang misterius

- Senin, 13 April 2020 | 15:40 WIB
mencari jejak Ra Semi. Foto: Dehan
mencari jejak Ra Semi. Foto: Dehan


Beberapa waktu lalu, Hops.ID mencari jejak Ra Semi di Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Ra Semi merupakan satu dari tujuh pejabat tinggi atau Dharmaputra di Kerajaan Majapahit.





Berbatasan langsung dengan Kota Tuban, Jawa Timur, Lasem pernah. Menjadi salah satu kota besar di masa lalu. Bahkan di zaman Majapahit, wilayah ini juga mendapat perhatian tersendiri. Hingga Prabu Hayam Wuruk pernah menyempatkan diri untuk datang berkunjung ke kota ini.





Sembako Anies Baswedan dikritik, disebut tak sehat bisa turunkan imun





Perhatian penguasa Majapahit pada Lasem bukan hanya di zaman Hayam Wuruk. Jauh sebelum itu, tepatnya di saat kerajaan ini baru berdiri, Majapahit sudah melihat Lasem sebagai wilayah yang istimewa. Karena itulah Raden Wijaya pendiri Majapahit, mengangkat satu orang pilihan dari Lasem, untuk menjadi seorang Dharmaputra di Majapahit.





Dharmaputra sebuah jabatan yang dibentuk oleh Raden Wijaya di awal berdirinya Majapahit. Yang dipersiapkan sebagai calon pejabat tinggi ke depannya. Raden Wijaya memberi mereka pangkat Rakrian (Ra). Di mana saat itu ada tujuh orang pemuda yang menjadi Dharmaputra, yaitu Ra Kuti, Ra Semi, Ra Tanca, Ra Wedeng, Ra Yuyu, Ra Banyak, dan Ra Pangsa.

Halaman:

Editor: Hadi Suprapto - Hops.ID

Tags

Terkini