Sosok Kartini tangguh pembuat ratusan masker untuk sesama

- Rabu, 22 April 2020 | 13:37 WIB
Kartini tangguh pembuat masker. Foto: DD
Kartini tangguh pembuat masker. Foto: DD


Ada sosok Kartini tangguh di tengah pandemi Covid-19. Mereka turut berjuang membuat masker untuk masyarakat yang membutuhkan.





Momen peringatan Hari Kartini 2020 di tengah pandemi COVID-19 sangat berdampak untuk semua lapisan masyarakat. Peran seorang perempuan selama masa darurat COVID-19 ini benar-benar sangat diuji di semua lini dan bidang kehidupan. Tidak hanya di sektor domestik rumah tangga, tetapi juga pendidikan, ekonomi, serta kesehatan dengan menjadi garda terdepan penanggulangan COVID-19 bahkan untuk keluarga.(Selasa,21/04)





Usia kepala dua tapi Belva Devara sudah tajir melintir





Tingginya permintaan masker di tengah wabah Corona menyebabkan keberadaannya sulit diperoleh. Kondisi itu membukakan peluang bagi Ika Pratiwi (23) dan Marinah (43) warga Cirebon yang merupakan pemberdayaan dari "Jabar Berdaya Dengan Menjahit" (Jabar Bagja) di Cirebon untuk berinisiatif membuat ratusan masker dengan berbahan dari kain. Penggunaan masker medis bisa menahan penularan virus ini supaya tidak menyebar ke teman, keluarga, maupun orang lain yang ditemui.





-
Masker untuk sesama. Foto: DD




Meski kehidupan ekonomi serba pas-pasan, tidak membuat para Kartini tangguh ini berputus asa dan mengeluh pada kondisi yang ada. Terlahir dari orang tua yang pekerja lepas harian, membuat ia dapat membiayai kuliahnya dengan keterampilan menjahit sambil mengurusi adiknya. Hal serupa juga di rasakan oleh Marinah. Kecintaan terhadap keluarga membuat dirinya menjadi tulang punggung keluarga serta mengurus adik – adiknya sampai berkeluarga.

Halaman:

Editor: Siaran Pers

Tags

Terkini

X