Terungkap, mantan penasehat sebut Trump minta bantuan China untuk menang Pilpres

- Kamis, 18 Juni 2020 | 12:38 WIB
Donald Trump (kiri) dan Xi Jinping (kanan). Foto: Reuters.
Donald Trump (kiri) dan Xi Jinping (kanan). Foto: Reuters.


Meski kedua pihak sempat bersitegang dalam perang dagang, ternyata mantan penasihat keamanan nasional Amerika Serikat John Bolton mengungkapkan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump pernah minta bantuan China agar ia bisa terpilih kembali dan memenangi pemilihan presiden AS 2020.





Dilansir dari Reuters dan New York Times, Kamis 18 Juni 2020, dalam buku barunya berjudul "The Room Where It Happened: A White House Memoir" yang akan terbit pekan depan, Bolton mengungkapkan bahwa Trump akan memberhentikan sejumlah penyelidikan kriminal "kepada para ditaktor yang disukainya untuk kepentingan pribadi".





Baca juga: Asal usul Gus Dur bikin humor tiga polisi jujur





Bahkan Bolton menjelaskan, dalam kunjungannya tahun 2019 lalu ke Jepang, Trump secara terang-terangan pernah minta bantuan agar Presiden China Xi Jinping memberikan dukungan terhadap dirinya agar ia dapat kembali terpilih dalam pemilu 2020.





"Trump ketika itu (KTT G20 di Jepang), secara mengejutkan mengganti topik pembicaraan ke pemilu presiden di AS, menyinggung kemampuan ekonomi China dan memohon kepada Xi untuk memastikan dia menang," tulis Bolton dalam bukunya.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa - Hops.ID

Tags

Terkini

X