Mereka yang senasib Veronica Koman, kena denda beasiswa LPDP

- Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:53 WIB
Pengacara HAM, Veronica Koman
Pengacara HAM, Veronica Koman


Beberapa hari lalu, pengacara HAM dan isu Papua, Veronica Koman curhat mengeluh dikenai denda finansial Rp733 juta dari Pemerintah Indonesia. Koman mengeluh ditagih untuk mengembalikan dana beasiswa LPDP tersebut. Selain si pengacara HAM, ada tiga penerima beasiswa lainnya mereka senasib Veronica Koman.





Menurut data LPDP, ada 115 penerima beasiswa yang tak jalani kewajiban pulang ke Indonesia, namun 60 di antaranya akhirnya tobat akhirnya mau kembali. Sedangkan 51 lainnya kena sanksi serta 4 lainnya, termasuk Veronica Koman ditagih uang beasiswanya.





Baca juga: Ini dia daftar 5 aktor drama Korea terbaik tahun 2020





Dalam pernyataan resminya, Koman berdalih alasan pemerintah Indonesia menjatuhkan denda finansial Rp733 juta kepadanya tak berdasar. Si pengacara HAM itu mengklaim sudah menjalankan kewajibannya untuk kembali ke Indonesia setelah lulus mengambil master hukum di Australia.





Isu menjadi ramai, Koman merasa pemerintah Indonesia menggunakan beasiswa LPDP untuk memaksanya pulang ke Indonesia. Bagi yang belum tahu, Koman ditetapkan sebagai buronan penegak hukum Indonesia karena tahun lalu mengadvokasi isu HAM Papua, namun versi pemerintah dia dituding menyebarkan separatisme.

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis - Hops.ID

Tags

Terkini

Parpol mulai tawar menawar koalisi menuju 2024

Jumat, 30 September 2022 | 21:27 WIB

Transformasi ekonomi digital mesti infrastruktur dan SDM

Kamis, 29 September 2022 | 20:46 WIB

Apa itu peristiwa berdarah G30S/PKI? Ini penjelasannya

Kamis, 29 September 2022 | 19:59 WIB