Setahun pemerintahan Jokowi kurang memuaskan efek salah pilih orang

- Kamis, 22 Oktober 2020 | 07:18 WIB
Menteri kabinet Jokowi. Foto: Suara.
Menteri kabinet Jokowi. Foto: Suara.


Setahun pemerintahan Jokowi yang sudah berjalan hingga saat ini mencatatkan menurunkan kepuasan publik terhadap kinerja menteri dan lainnya. Penurunan tersebut dinilai berasal dari para pembantunya yang terkesan memiliki agenda politik sendiri.   





Kondisi setahun pemerintahan Jokowi tersebut menurut Ketua Harian DPP Jaringan kemandirian Nasional (Jaman) M Eko Purwanto, justru memperlihatkan tidak adanya teamwork yang berjalan di pemerintahan saat ini. Bahkan Jokowi sendiri terlihat bekerja keras sendiri.





Sosok yang juga menjadi perhatian, menurut Eko jika dibandingkan dengan pemerintahan sebelumnya, sangatlah berbeda, dimana saat ini tidak ada lagi figure pemimpin negara seperti Jusuf Kalla yang aktif dalam diplomasi negosiasi mendamaikan konflik international.





-
Presiden Jokowi. Foto Presidenri.go.id




Tak hanya dari tingkatan atas saja, Eko juga melihat beberapa pembantu Presiden Jokowi yang memiliki agenda masing-masing selama setahun pemerintahan Jokowi saat ini. Seperti Mensesneg Pratikno  yang terlihat menonjol.





Selama setahun pemerintahan Jokowi Pratikno dinilai memiliki peran politik yag menonjol terlebih saat penyusunan cabinet hingga penentuan eselon di Kementerian atau lembaga. Penilaian ini, lanjut Eko sudah harus menjadi perhatian Jokowi terhadap kinerja pembantunya.

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini