Ralat soal pemeriksaan Anies salah pasal, Mantan Ketua MK ditekan siapa?

- Rabu, 18 November 2020 | 16:09 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diperiksa untuk klarifikasi dugaan tindak pidana pelanggaran ketentuan Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan dalam resepsi pernikahan putri Habib Rizieq Syihab. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva sempat menyebutkan pemeriksaan Anies salah pasal, tapi belakangan ia meralat cuitannya. Ada apa ini?





Dalam surat undangan klarifikasi untuk Anies, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, mencantumkan beberapa pasal yang berkaitan untuk menemukan adanya dugaan tindak pidana pelanggaran UU tersebut. Pasal 93 dan Pasal 9 menjadi sorotan dalam undangan tersebut. Apa sih isi dan targetnya?





Baca Juga: Elly Sugigi nikah siri dengan Aher, ahli tarot: Masalah jodoh terlihat gelap





Isi Pasal 93





-
Penumpang KRL antre di Stasiun Bogor, Senin 8 Juni 2020.




Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan mengatur soal pidana bagi pelanggar penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan.





"Setiap orang yang tidak mematuhi dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan sehingga menyebabkan kedaruratan kesehatan masyarakat dipidana paling lama satu tahun dan/atau denda maksimal Rp 100 juta," demikian bunyi pasal tersebut.





Sedangkan pasal 9 UU Kekarantinaan Kesehatan itu mengatur hak dan kewajiban untuk menaati ketentuan karantina kesehatan.





Ada dua ayat dalam pasal 9:


Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis - Hops.ID

Tags

Terkini

5 Nama dataran rendah di Pulau Jawa

Selasa, 7 Februari 2023 | 16:16 WIB