Dear Mensos Risma, please jangan main sendirian, nggak usah maksain

- Kamis, 7 Januari 2021 | 15:52 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: Kemensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: Kemensos


Manuver Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan menemui sejumlah gelandangan dan pengemis di titik sudut Jakarta menjadi sorotan publik. Kritikan bermunculan, mulai dari Mensos Risma kok cuma ngurusi DKI Jakarta saja, kan kemiskinan ada banyak di daerah lain juga.





Sebagian lainnya menggingatkan Risma, tugas mensos itu membantu mensejahterakan rakyat miskin, bukan mengumpulkan gelandangan.





Tugas mensos bukan cuma gelandangan





-
Pengamat politik Tony Rosyid. Foto Dokumen pribadi




Pengamat politik, Tony Rosyid mengkritik manuver Mensos Risma. Menurutnya tugas Mensos nggak cuma ngurusin gelandangan dan pengemis. Hal yang lebih substansial adalah bagaimana menekan angka kemiskinan.





"(Tugas Mensos) mengawali pendataan warga miskin, mencari faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kemiskinan, lalu merumuskan program pengentasan kemiskinan. Memastikan anak buah bergerak mengikuti juklak dan juknisnya, ini tugas Mensos," jelas Tony dalam tulisannya kepada Hops.ID, Kamis 7 Januari 2021.





Tony mengatakan, gelandang adalah sedikit dari jumlah orang miskin. Di luar Jakarta, angka kemiskinan lebih besar. Artinya, mereka menunggu ibu mensos dengan bantuan-bantuan yang tepat dan betul-betul sampai ke tangan mereka.

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis - Hops.ID

Tags

Terkini

Wah Giring ikut-ikutan: Kalimantan bukan untuk setan!

Senin, 24 Januari 2022 | 14:20 WIB
X