Jamin keterbukaan Informasi, AMSI tandatangani MoU dengan KIP

- Jumat, 26 Maret 2021 | 07:07 WIB
Penandatanganan MoU AMSI KIP
Penandatanganan MoU AMSI KIP


Peran media siber telah menjadi sumber informasi terakurat dan cepat yang banyak diandalkan masyarakat saat ini. Menjamin terbukanya informasi, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menjalin kerjasama dnegan Komisi Informasi Pusat (KIP).





Kedua lembaga tersebut telah menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (Memory of Understanding/MoU) dalam memberikan peran media siber melalui AMSI atas keterbukaan informasi yang disajikan ke public.





Langkah perjanjian kerjasama ini sendiri menjadi penguatan tata kelola atas informasi public yang ada di Indonesia saat ini. Dua lembaga  ini bekerjasama didasari pemahaman keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara.





-
Penandatanganan MoU AMSI KIP




Tujuan utama tentu dengan adanya keterbukaan informasi tersebut diharapkan kedua lembaga AMSI dan KIP dapat serta sebagai  upaya dalam mengembangkan masyarakat informasi (information society). Sekaligus kerja sama ini merupakan upaya pemenuhan hak informasi publik dan hak atas akses informasi publik dijamin Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).





“Sehingga pelaksanaan keterbukaan informasi publik bisa tersiar serta diinformasikan kepada masyarakat luas,” jelas Ketua Komisi Informasi Publik Gede Narayana melalui virtual, Kamis 25 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini

X