Ngeri! Jenderal Andika akui banyak prajurit TNI yang membelot dan gabung OPM

- Rabu, 21 April 2021 | 09:39 WIB
KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa
KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa


Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa memerintahkan agar pasukannya mengejar eks prajurit bernama Pratu Lukius M Yatuan, yang membelot ke sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM).





Dia menyatakan tak ada ampun bagi aksi yang dilakukan Lukius karena telah menjadi pengkhianat bangsa. Sejauh ini, kata Jenderal Andika, proses pengejaran terus berlangsung. Pengejaran Pratu Lukius itu dilakukan secara umum di Papua, baik fisik maupun elektronik.





Kemarin, Jenderal Andika pun mengurai siapa Pratu Lukius, prajurit terlatih TNI yang gabung dan membelot dengan OPM itu. Menurut dia, Pratu Lukius membelot dengan mencuri dua unit magazin dan 70 butir peluru.





Andika bilang, Pratu Lukius bergabung dengan TNI AD pada 2015 lalu. Lukius, kata Andika, saat ini berusia 24 tahun. Pratu Lukius kemudian tergabung bersama Yonif Raider 400 dan sempat ditugaskan di Intan Jaya sejak Agustus 2020 hingga Maret 2021.





Namun, dia meninggalkan pasukan pada 12 Februari 2021. "Salah satu prajurit kita memang, ini salah satu evaluasi. Prajurit kita ini masuk tahun 2015 sebenarnya. Dia berusia 24 tahun lahir dan besar di Wamena dan ditempatkan setelah bertugas di salah satu Batalyon Infanteri di Jawa Tengah," kata Andika di Markas Pomdam Jaya Jakarta, Selasa 20 April 2021.

Halaman:

Editor: Rendra Saputra - Hops.ID

Tags

Terkini

X