10 Norma kesusilaan wajib tahu, nomor lima sering diabaikan

- Rabu, 5 Mei 2021 | 23:08 WIB
Ilustrasi bantuan diterima warga
Ilustrasi bantuan diterima warga


Nilai dan norma merupakan kesatuan yang sering dijalani dan bisa menjadi pondasi masyarakat dalam berhubungan sosial. Norma kesusilaan sendiri merupaka peraturan yang digunakan sebagai panduan tatanan dan pengendalian tingkah laku, terdapat 10 hal yang bisa dijadikan pedoman tersebut.





Dalam harfiahnya, norma merupakan peraturan yang digunakan sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang telah diterima oleh masyarakat. Norma ini menjadi sangat penting dan dekat dengan cara dan gaya kehidupan masyarakat sosial.





Norma yang berlaku di masyarakat terdapat empat macam, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Keempat norma tersebut berjalan selaras dan saling berkaitan satu sama lain dalam kehidupan manusia.





-
Budaya masyarakat Kei menjunjung salah satu nilai norma kesusilaan. Foto Instagram @abigail_ubra




Norma kesusilaan adalah norma yang bersumber dari hati nurani manusia dan berlaku secara umum. Norma ini mengatur kehidupan manusia tentang perbuatan baik yang harus dilakukan dan perbuatan buruk yang harus ditinggalkan.





Tujuan norma ini yaitu mewujudkan keharmonisan hubungan antar manusia. Sehingga, ketika dapat terlaksana dengan baik akan tercipta masyarakat yang tertib, tentram, serasi, seimbang, dan aman.

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB

Inflasi melandai, momentum bagus jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:19 WIB