Anggota Komisi IX DPR RI sayangkan kedatangan WNA dari Tiongkok

- Sabtu, 8 Mei 2021 | 00:10 WIB
WNA Tiongkok Datang. Foto: Ist
WNA Tiongkok Datang. Foto: Ist


Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Wenny Haryanto menyayangkan datangnya Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia disaat pemerintah tengah menerapkan kebijakan larangan mudik bagi rakyat Indonesia.





“Jujur ini sejak awal merupakan perdebatan kami dengan pihak Kementerian Tenaga Kerja. Apalagi disini juga lagi banyak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Ironis sekali sih ini, ya. Seharusnya ditunda dulu sampai menunggu situasi kondusif. Saya menyarankan ya ditunda dulu kedatangan para WNA itu ke Indonesia,” ujar Wenny di Depok, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021).





Lebih lanjut dikatakan Wenny, walau kini pada akhirnya para WNA asal Tiongkok sudah tiba di Indonesia maka mereka harus menjalani karantina lebih dulu meski mereka telah mengantongi sejumlah dokumen sebagai persyaratan terbang keluar negeri termasuk surat negatif Covid-19.





“Untuk persyaratan protokol kesehatan, saya yakin Kementerian Kesehatan menerapkan protokol ketat. Dan mereka juga pasti telah memiliki surat negatif Covid-19. Yang saya sayangkan adalah kedatangan mereka bersamaan dengan larangan mudik Idulfitri. Terlebih disini tujuannya bekerja. Sedangkan di Indonesia sedang banyak PHK,” papar wanita yang berasal dari daerah pemilihan Depok-Bekasi saat perhelatan pemilihan umum legislatif 2019 lalu ini.





Sementara itu, guna menghdapi kemungkinan ledakan kasus Covid-19 pasca-Idulfitri Komisi IX DPR RI telah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Kesehatan. “Alat-alat kesehatan sudah disiapkan semuanya di masing-masing rumah sakit. Sedangkan untuk pembahan bed belum dilakukan karena saat ini keadaanya sedang landai,” tutur Wenny.

Halaman:

Editor: Bhakti Hariani - HopsID

Tags

Terkini

Wah Giring ikut-ikutan: Kalimantan bukan untuk setan!

Senin, 24 Januari 2022 | 14:20 WIB
X