Demi Haji 2021, PM Malaysia datang langsung ke Saudi, Indonesia kurang niat?

- Jumat, 4 Juni 2021 | 09:11 WIB
Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. Foto: kemenag.go.id
Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. Foto: kemenag.go.id


Polemik batalnya pemberangkatan ibadah Haji di tahun 2021 jadi perbincangan hangat publik. Sejumlah pihak menilai, batalnya jamaah Haji Indonesia lantaran kurang niatnya pemerintah dalam mengupayakan diplomasi dengan pihak Arab Saudi.





Pernyataan tersebut juga diungkapkan oleh politikus PKS sekaligus Anggota Komisi VIII DPR RI, Hidayat Nur Wahid. Dia mengungkapkan, sebenarnya masyarakat sangat berharap agara pemerintah melakukan sejumlah terobosoan dan upaya maksimal dalam pemberangkatan haji 2021 ini.





-
Bendera Malaysia. Foto Instagram @enformasyonel | Demi Haji 2021, PM Malaysia datang langsung ke Saudi, Indonesia kurang niat?




Makanya enggak heran, kata Hidayat, kalau publik mulai membandingkan antara sikap pemerintah Indonesia dengan negara lainnya, seperti Malaysia.





Hal tesebut lantran demi terselenggaranya Haji tahun 2021 ini, pihak Malaysia melalui Perdana Menterinya langsung mendatangi Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh untuk menemui Raja Salman.





"Masyarakat itu harapannya memang ada upaya maksimal, publik itu membanding upaya pemerintah Indonesia dengan Malaysia. Itu Perdana Menteri Malaysia sampai datang ke Riyadh, ketemu dengan Raja Salman dan putra mahkotanya," kata Hidayat ketika diwawancara Kabar Petang TvOne, dikutip Hops.id pada Jumat, 4 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa - Hops.ID

Tags

Terkini

X