Komnas Haji bocorkan larinya dana BPKH untuk infrastruktur?

- Jumat, 4 Juni 2021 | 11:28 WIB
Bangunan suci Kabah, Makkah. Foto: Pexels
Bangunan suci Kabah, Makkah. Foto: Pexels


Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi mengumumkan bahwa pemberangkatan jamaah haji Indonesia kembali ditunda. Bersamaan dengan itu, tersiar kabar dana haji yang dihimpun justru digunakan pemerintah untuk membangun fasilitas infrastruktur di beberapa daerah.





Menanggapi hal itu Ketua Komnas Haji dan Umrah, Mustolih Siradj mengungkapkan bahwa informasi soal dana haji yang dipakai buat infrastruktur salah kaprah. Dia menjelaskan, pemerintah sebenarnya tidak bisa sesuka hati menggunakan dana haji milik rakyat.





-
Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj. Foto: Istimewa




Sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2014, sebenarnya sejak tahun 2014 hingga sekrang, dana haji tidak lagi dipegang oleh Kementerian Agama.





Adapun lembaga yang ditugaskan untuk mengurus soal dana haji saat ini ialah Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).





"Memang selama ini pengelolaan haji jadi isu publik. Kalau kita lihat aspeknya sesuai dengan UU Nomor 34 tahun 2014, seringkali sejumlah orang bahkan tokoh-tokoh salah alamat memberikan pernyataan soal ini. Padahal soal dana haji ini, sejak tahun 2014 tidak dikelola lagi oleh Kementerian Agamana melainkan BPKH," kata Mustolih saat dihubungi Hops, pada Jumat, 4 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa - Hops.ID

Tags

Terkini

X