Kalah sama China, jika Indonesia perang cadangan pangan Cuma 21 hari

- Jumat, 4 Juni 2021 | 16:48 WIB
Kapal perang China. Foto: Asiatimes.
Kapal perang China. Foto: Asiatimes.


Pertahanan negara tak hanya bicara kemampuan para prajurit perang dan peralatan tempur pendukung untuk menjaga kedaulatan negara dari serangan musuh. Faktor utama lain sebuah negara memiliki ketahanan kuat yakni soal cadangan pangan, yang sangat rentan bagi Indonesia jika menghadapi perang.





Ketahanan pangan Indonesia sendiri jika dibandingkan dengan beberapa negara justru sangat jauh dan belum memiliki ketahanan yang cukup kuat. Terlebih jika perang terjadi, maka ketahanan pangan yang dimiliki Indonesia tak lebih dari sebulan.





Perhitungan ini diungkap juru bicara Kementerian Pertahanan Dahnil Anzar yang memperlihatkan pemaparan slide soal pertahanan bangsa. Slide tersebut dibagikan Dahnil Anzar menggunakan akun twitternya.





-
Kapal perang China. Foto: Asiatimes.




Dalam UU 3/2002 tentang Pertahanan Negara dijelaskan bahwa pertahanan Indonesia bersifat defensif aktif. Sifat ini kemudian diartikan menjadi dua makna, tidak ekspansif tidak agresif . Tidak ekspansif berarti sikap perilaku bangsa ditujukan untuk tidak melakukan ofensif atau sedangan pada negara lain.





Cadangan pangan jadi ketahanan negara Indonesia





Cadangan pangan yang menjadi pertahanan negara inilah yang harus disiapkan Prabowo terhadap kemampuan bangsa Indonesia dalam menghadapi perang di Indonesia. Mengingat berdasarkan data yang diungkap dalam pemaparannya, cadangan pangan di tanah air sangat rapuh.

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini