Foto Jenderal Soedirman, Bung Karno Salat Id awal merdeka, Idul Adha suasananya...

- Selasa, 20 Juli 2021 | 16:46 WIB
Jenderal Soedirman Salat Idul Fitri 1946
Jenderal Soedirman Salat Idul Fitri 1946


Hari ini masyarakat Indonesia merayakan Idul Adha dalam suasana pandemi Covid-19. Salat Idul Adha dalam masa pandemi ini dilaksanakan di rumah. Apakah kamu pernah lihat suasana Salat Idul Adha suasana masih baru merdeka? Nah beredar foto Jenderal Besar Soedirman ikut Salat Idul Fitri di Lapangan Ikada pada 1946. Setahun setelah kemerdekaan. Ada juga foto Presiden Soekarno Salat Idul Adha 1950 di Jakarta.





Dalam suasana Salat Idul Adha setahuns setelah kemerdekaan, jemaah Salat Idul Adha dijaga oleh sejumlah tentara lho. Dalam foto yang beredar Jenderal Soedirman berada di barisan depan jemaah Salat Idul Adha 1946.





Jenderal Soedirman Salat Id





-
Jenderal Soedirman Salat Idul Fitri 1946. Foto IPPS/ANRI




Dokumen Arsip Nasional RI punya dokumen foto Jenderal Besar Soedirman ikut Salat Id di Lapangan Ikada pada 1946 lho.





Foto tersebut adalah milik arsip Indonesian Press Photo Service (IPPS) dalam keterangan foto tertulis Jenderal Soedirman mengikuti Salat Idul Fitri di Lapanga Ikada pada 1946.





Dalam foto tersebut, Jenderal Soedirman ada di barisan depan.





Pada zaman itu, menurut akun @potretlawas, Lapangan Ikada atau Lapangan Monas Gambir kini, menjadi tujuan utama Salat Id dari jemaah yang berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan sekitarnya lho.





Nah suasana kala itu, Jenderal Soedirman berada di Jakarta dalam rangka perundingan gencatan senjata dengan sekutu. Soedirman tiba di Jakarta dengan menumpang kereta, 3 hari sebelum Salat Idul Fitri, Soedirman sudah tiba di Jakarta tiga hari. sebelumnya.


Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis - Hops.ID

Tags

Terkini