Terjawab! Ikatan Rumah Sakit blak-blakan soal tudingan mengcovidkan pasien

- Senin, 2 Agustus 2021 | 18:27 WIB
Rumah Sakit Covid-19. Foto: Sehatq.
Rumah Sakit Covid-19. Foto: Sehatq.


Sejak kasus corona meledak di Indonesia, masyarakat mulai membuat tudingan bermacam-macam. Salah satunya menuduh rumah sakit (RS) sengaja ‘mengcovidkan’ pasien yang sebenarnya tidak terpapar virus. Lantas, bagaimana pihak tertuduh menanggapi tudingan tersebut?





Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia atau Persi memastikan, rumah sakit memiliki aturan ketat saat mendiagnosis pasien yang terpapar corona. Sehingga, tuduhan ‘mengcovidkan’ pasien menurutnya sama sekali tak beralasan.





Selain itu, rumah sakit juga diharuskan melampirkan banyak dokumen pendukung untuk menyampaikan, apakah pasien benar terkena virus atau justru sebaliknya.





"Ada aturan yang kuat sekali kapan pasien itu ditentukan atau didiagnosa sebagai Covid-19. RS harus melampirkan banyak sekali dokumen pendukung untuk menyampaikan bahwa ini Covid-19," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persi, Lia G. Partakusuma, dikutip dari VOI, Senin 2 Agustus 2021.





-
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persi, Lia G Partakusuma. Foto: VOI.




Lia mengingatkan, masyarakat tak perlu takut atau risau saat memeriksakan kondisinya ke rumah sakit. Sebab, hasil yang kelak disampaikan berasal dari pemeriksaan sebenar-benarnya, alias tak ada yang direkayasa.

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi - Hops.ID

Tags

Terkini

Indonesia harus bisa manfaatkan momentum perfect storm

Rabu, 28 September 2022 | 19:29 WIB

Inflasi tinggi dan perlambatan bayangi pemulihan ekonomi

Selasa, 27 September 2022 | 19:28 WIB