Jakarta tenggelam 10 tahun lagi, DPRD: ‘Faktanya permukaan tanah ibukota turun tiap tahun’

- Senin, 2 Agustus 2021 | 20:41 WIB
Ilustrasi Jakarta tenggelam. Foto: Air kami
Ilustrasi Jakarta tenggelam. Foto: Air kami


Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya Sarana mengungkapkan bahwa Jakarta memang mengalami penurunan permukaan air tanah setiap tahunnya. Hal ini diungkap William menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Kantor Direktur Intelijen Nasional, Selasa (27/7/2021) yang menyinggung kemungkinan 10 tahun lagi Jakarta akan tenggelam karena naiknya permukaan air laut.





“... Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?” kata Biden dalam pidatonya. 





 “Fakta nya memang Jakarta mengalami penurunan permukaan air tanah setiap tahunnya. Jadikan ini bahan evaluasi kita bersama untuk menyalamatkan Jakarta,” ujar William kepada Hops.id, Senin (2/8/2021) dalam keterangan persnya.





William mengatakan, sudah saatnya Pemprov DKI Jakarta fokus dalam mengeksekusi upaya-upaya agar Jakarta tidak tenggelam.





-
Anggota DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana. Foto: DPRD DKI Jakarta




“Pertama, segera lakukan pipanisasi air bersih ke seluruh pelosok Jakarta tanpa terkecuali agar masyakat tidak mengambil air tanah, kedua hentikan pencurian air bersih, percuma punya air bersih jika airnya dicuri, terakhir, jangka panjang mulai fokus lakukan pembangunan giant sea wall,” tutur William.

Halaman:

Editor: Bhakti Hariani - HopsID

Tags

Terkini

X