Mega ngeluh capek pimpin PDIP, pengamat baca peluang Jokowi gantikan

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 09:48 WIB
Jokowi dan Megawati. Foto: Antara.
Jokowi dan Megawati. Foto: Antara.


Megawati Soekarnoputri baru-baru ini mengeluh capek memimpin PDIP. Setidaknya hingga kini Mega sudah memimpin PDIP selama 28 tahun. Publik pun lantas bertanya-tanya, apa makna Mega mengeluh capek memimpin PDIP di usianya yang sudah menginjak 74 tahun.





Direktur Eksekutif Indostrategic A Khoirul Umam mengatakan, yang bisa menjawab motif di balik Mega capek pimpin PDIP tentu beliau sendiri. Apakah karena usia, jenuh atau memang ada makna lain di belakangnya.





Namun terlepas dari itu semua, Khoirul Umam mengatakan, apa yang disampaikan Mega tentu mengindikasikan akan ada regenerasi besar di tubuh partai banteng moncong putih itu. Indikasi ini, kata dia, setidaknya sudah dua kali diperlihatkan Mega.





Pertama ada pada saat 22 Juli 2020 lalu. Di mana Mega mengatakan akan terjadi regenerasi total di tubuh PDIP pada 2024 mendatang. Dan keluhan capek memimpin PDIP, merupakan sinyal kedua yang disampaikan pasca tahun lalu.





"Kalau itu terjadi, ini menunjukkan ada dinamika internal PDIP yang cukup positif. Dia sepertinya sadar regenerasi kepemimpinan sangat penting daripada mempertahankan politik patronase yang bisa cenderung rapuh dan kurang produktif mengelola basis pemilih loyal, dan voters yang kuat," kata Khoirul Umam dalam keterangannya secara daring, dikutip Jumat 6 Agustus 2021.

Halaman:

Editor: Rendra Saputra - Hops.ID

Tags

Terkini

X