Gempa Megathrust di selatan Jawa picu tsunami 20 meter, warga diminta berdoa

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 10:55 WIB
Ilustrasi Tsunami. Foto: Ist
Ilustrasi Tsunami. Foto: Ist


Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB), Heri Andreas mengingatkan publik mengenai kemungkinan gempa besar dengan magnitudo 9.0 akibat Megathrust selatan Jawa yang bisa terjadi kapan saja. Kabarnya, fenomena tersebut dapat memicu tsunami dengan ketinggian 20 meter.





Melalui keterangan resminya, gempa tersebut memiliki kekuatan yang mengerikan dan saat ini tengah berada di ujung siklus perulangan atau earthquake cycle.





Merujuk pada data yang diperoleh dari Global Navigation Satellite System (GNSS), akumulasi energi mulai terbaca di bagian Megathrust Selat Sunda hingga Pelabuhan Ratu dan selatan Parangtritis hingga selatan Pantai Jawa Timur.





Dari hasil pemodelan, kekuatan gempa yang bisa terjadi mencapai magnitudo (M) 8,7 hingga 9,0 dan bisa diikuti gelombang tsunami hingga ketinggian 20 meter.





-
Riset menyebut adanya potensi tsunami 20 meter di Selatan Pulau Jawa. Foto: Pixabay




Imbasnya, gelombang tsunami bisa menyentuh pesisir Jakarta dengan ketinggian maksimum 1,5 meter. Jika dibandingkan dengan potensi tsunami yang bisa terjadi di bagian selatan, ketinggian tersebut memang relatif lebih kecil.

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi - Hops.ID

Tags

Terkini