Heboh bahasa Arab, profil Susaningtyas Kertopati ternyata sepupu Jenderal Budi Gunawan

- Kamis, 9 September 2021 | 10:17 WIB
Susaningtyas-Nefo-Kertopati
Susaningtyas-Nefo-Kertopati


Pengamat intelijen dan militer, Susaningtyas Nefo Kertopati atau Nuning Kertopati viral karena pernyataannya soal banyak sekolah Indonesia berkiblat pada Taliban. Ciri sekolah itu adalah tak hapal nama parpol, tak mau pasang foto presiden dan wakil presiden, tak hapal nama menteri dan memperbanyak bahasa Arab. Bagaimana ya profil Susaningtyas Kertopati?





Sontak pernyataan itu memicu kontroversi dan protes sana sini. Publik pun heran siapa sih sosok dan jejak Susaningtyas Kertopati yang bicara demikian itu.





Profil Susaningtyas Kertopati, mantan anggota DPR





Dalam penelusuran, Susaningtyas sebelumnya adalah anggota DPR Komisi I lho masa bakti 2009-2014 dari fraksi Hanura. Komisi I membidangi pertahanan, luar negeri dan komunikasi. Periode sebelumnya, Nuning duduk di parlemen melalui PDIP.





-
Pengamat intelijen Susaningtyas Kertopati Foto: Inews




Soal profil Susaningtyas Kertopati, pengamat kelahiran Jakarta ini gonta ganti parpol, PDI Perjuangan (1999-2005, Hanura (2006-2015) dan kemudian belakangan berbaju Perindo (2015 sampai sekarang).





Riwayat pendidikan Nuning yaitu S1 Kesejahteraan Sosial UI dan S2 Ilmu Komunikasi UI dan doktor Ilmu Komunikasi bidang intelijen keamanan Polri dari Universitas Padjajaran.

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis - Hops.ID

Tags

Terkini