Lebarkan sayap di Kepri, AMSI ingatkan soal konten berkualitas agar masyarakat tak teracuni

- Sabtu, 18 September 2021 | 12:14 WIB
Ketua Umum AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia), Wenseslaus Manggut. Foto: Tangkapan Layar
Ketua Umum AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia), Wenseslaus Manggut. Foto: Tangkapan Layar


Ketua Umum AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia), Wenseslaus Manggut mengingatkan agar media daring di Indonesia mempertahankan kualitas kontennya sehingga tidak merusak pola pikir masyarakat.





Pria yang karib dipanggil Wens ini menjelaskan kembali soal tujuan awal dibentuknya AMSI sebagai organisasi yang mewadahi dunia media online di tanah air.





"Kenapa AMSI ini kita dirikan sekitar 5-6 tahun yang lalu, sebetulnya karena ini industri baru, yakni digital. Jurnalisme sudah mulai bergeser ke digital, tapi kita belum punya atau ada asosiasinya," kata Wens saat mengahidiri deklarasi pembentukan AMSI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) secara virtual, pada Sabtu, 18 September 2021.





Wens menilai, sebelum dibentuknya AMSI dunia media massa berbasis daring seakan tidak memiliki arah yang jelas. Banyak sekali yang menganggap dunia digital hanyalah komoditi belaka sehingga menyampingkan esensi dari jurnalisme sebagai penyambung informasi ke publik.





Sebagaimana yang terjadi apabila konten digital hanya dianggap komoditas, maka ada hukum ekonomi yang berpotensi menganggu kualitas dari produk-produk jurnalistik di media daring.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa - Hops.ID

Tags

Terkini