UAS: Suami boleh poligami tanpa izin istri pertama

- Kamis, 23 September 2021 | 17:50 WIB
UAS - Ustaz Abdul Somad. Foto: Youtube.
UAS - Ustaz Abdul Somad. Foto: Youtube.


Pada ceramah lawas yang pernah viral di media sosial, Ustaz Abdul Somad alias UAS mendapat pertanyaan mengenai poligami dari salah satu jamaah yang hadir di lokasi. Kala itu, pertanyaan tersebut diberikan melalui secarik kertas yang kemudian dibacakan UAS dari mimbar.





Jamaah itu bertanya, bagaimana hukum suami menikah lagi tanpa meminta izin istri pertama? Benarkah diperbolehkan, atau justru dilarang agama?





“Apa boleh suami menikah lagi (berpoligami) tanpa sepengetahuan istri pertama? Poligami diam-diam, bagaimana hukumnya dalam Islam?” ujar UAS saat membacakan secarik kertas tersebut, dikutip dari video yang tayang di saluran Youtube Teropong Islam, Kamis 23 September 2021.





-
Anggota Forum Poligami Indonesia. Foto Mata Politik




Setelah membacakan pertanyaan tersebut, UAS lantas memastikan, poligami tanpa izin istri pertama sebenarnya diperbolehkan agama. Sebab, menurut hukum fikih, ‘meminta izin’ bukan bagian dari rukun atau syarat pernikahan.





“Menurut pandangan agama Islam, sah nikah kalau cukup rukun dan syarat. Ada mahar, ada ijab, ada qabul, ada wali, ada dua orang saksi. Sah! Tak ada syarat izin istri pertama. Itu menurut fikih,” terangnya.

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi - Hops.ID

Tags

Terkini

X