Ngeri! Respons AUKUS, China diminta siap-siap lakukan serangan nuklir pertama

- Sabtu, 25 September 2021 | 11:53 WIB
Rudal antar-benua milik China. Foto: Daily Mail
Rudal antar-benua milik China. Foto: Daily Mail


Kesepakatan AUKUS (Australia, Inggris dan AS) membuat sejumlah negara geger beberapa waktu belakangan. Pasalnya di bawah perjanjian itu, Australia akan membangun kapal selam bertenaga nuklir. China menjadi negara yang betul-betul terdampak. Hal ini lantaran AUKUS disebut akan menyaingi China yang berusaha menguasai Indo-Pasifik.





Kekinian, seorang diplomat senior China meminta China harus siap menjadi yang pertama menggunakan senjata nuklir, dan meninggalkan kebijakan lamanya yang tidak mau menjadi pihak pertama yang menyalakan senjata nuklir.





Pernyataan itu keluar dari mulut mantan Dubes China untuk PBB, Sha Zukang pada Pertemuan Puncak Pakar Kebijakan Nuklir China, merespons kesepakatan AUKUS yang meningkatkan tensi militer di Indo-Pasifik.





Menukil Daily Mail, Sabtu 25 September 2021, Zukang mengatakan, ini adalah saat yang tepat untuk memeriksa kembali dan menyempurnakan komitmen lama China yang menyatakan akan menggunakan nuklir sebagai pembalasan saja. Pasalnya, AS kini membangun aliansi militer dan meningkatkan kehadiran militernya di dekat China.





-
Rudal antar-benua milik China. Foto: Ticker News




"Kebijakan Beijing saat ini--yang telah berlaku sejak 1960-an--telah memberi China landasan moral yang tinggi tetapi tidak sesuai, kecuali negosiasi China-AS setuju bahwa tidak ada pihak yang akan menggunakan (senjata nuklir) terlebih dahulu," kata Zukang pekan lalu.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini