Ngakunya ogah perang dingin, tapi gagasan Biden ini nyatanya bisa pecah belah dunia

- Minggu, 26 September 2021 | 08:04 WIB
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Foto: BBC
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Foto: BBC


Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam pidatonya di Majelis Umum PBB beberapa waktu lalu menjadi sorotan. Pasalnya, dia menyinggung soal Perang Dingin. Kata Biden, dia ogah mencari Perang Dingin baru.





"Kita tidak ingin, sekali lagi saya tegaskan, kita tidak ingin memulai Perang Dingin baru atau (membuat) dunia terbagi menjadi blok-blok yang kaku," kata Biden dalam pidatonya.





"Amerika siap bekerja dengan negara mana pun yang ingin mengupayakan resolusi damai bagi tantangan bersama, meskipun kita terus tidak sepakat dalam bidang-bidang lain, karena kita semua akan mengalami konsekuensi dari kegagalan jika kita tidak bersatu mengatasi ancaman yang mendesak seperti COVID-19, perubahan iklim, atau ancaman terus menerus seperti proliferasi nuklir," imbuhnya.





Meski dalam pidatonya Biden mengaku ogah mencari Perang Dingin baru, namun nyatanya dia memiliki gagasan yang disebut-sebut bisa menciptakan hal tersebut, dan membuat dunia internasional terbagi menjadi blok-blok.





-
Joe Biden saat berbicara di Sidang Umum PBB. Foto: AP via TOI




Hal itu diungkap oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov. Melalui pidatonya di Majelis Umum PBB, Lavrov mengkritik gagasan Biden untuk mengadakan Leaders Summit for Democracy atau KTT Pemimpin untuk Demokrasi.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini