Musuh salah prediksi, rudal yang ditembakkan Korea Utara ternyata punya kemampuan jauh lebih ngeri

- Rabu, 29 September 2021 | 09:37 WIB
Warga Korsel menyaksikan siaran TV saat Korut menembakkan rudal. Foto: AP via Aljazeera
Warga Korsel menyaksikan siaran TV saat Korut menembakkan rudal. Foto: AP via Aljazeera


Korea Utara menembakkan sebuah rudal ke arah laut pada Selasa (28/9) kemarin. Peluncuran rudal itu diketahui oleh tetangga yang juga musuhnya, Jepang dan Korea Selatan. Terbaru, Tentara Rakyat Korea (KPA) mengatakan bahwa yang mereka tembakkan ke Laut Jepang itu adalah rudal hipersonik.





KPA mengatakan, mereka melakukan itu untuk menguji kendaraan luncur hipersonik terbaru mereka. Tes itu dilakukan hanya beberapa hari setelah AS berhasil menembakkan senjata hipersoniknya untuk pertama kali.





“Pengembangan rudal hipersonik, salah satu dari lima tugas prioritas utama dari rencana lima tahun yang dihadapi bidang senjata strategis untuk pengembangan ilmu pertahanan dan sistem senjata yang ditetapkan pada Kongres Partai ke-8, telah didorong ke depan, sesuai dengan proses pengembangan yang berurutan, ilmiah, dan andal," tulis kantor berita KCNA, dilansir Hops.ID dari Sputnik, Rabu 29 September 2021.





-
Hwasong-8, rudal hipersonik Korea Utara. Foto: NK News




Senjata itu bernama Hwasong-8 dan ditembakkan dari Mupyong-ri di Provinsi Jagang, sebelah utara negara tersebut.





"Dalam uji peluncuran yang pertama, ilmuwan pertahanan nasional mengkonfirmasi kontrol navigasi dan stabilitas rudal di bagian aktif, dan juga spesifikasi teknisnya termasuk kemampuan manuver pemandu. Juga mengkonfirmasi stabilitas sistem bahan bakar rudal yang diperkuat dan aktuator yang diperkenalkan untuk pertama kalinya," tambah kantor berita milik negara tersebut.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini