Rekor! 38 jet tempur China masuki langit Taiwan, ahli: Normal, mencegah campur tangan asing

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 14:15 WIB
Jet elektronik China.  Foto: Taiwan News
Jet elektronik China. Foto: Taiwan News


Sebanyak 38 jet tempur China memasuki wilayah udara Taiwan pada Jumat (01/10) kemarin. Angka ini menjadi rekor terbaru pesawat China masuki langit Taiwan, di mana jumlah terbanyak sebelumnya sebanyak 28 pesawat pada bulan Juni lalu.





Dikerahkannya 38 pesawat ke langit Taiwan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China itu berbarengan dengan National Day alias hari berdirinya Republik Rakyat China (RRC) pada 1 Oktober. PLA mengatakan, pengerahan pesawat itu sebagai bagian dari latihan rutin.





"Latihan PLA itu adalah latihan rutin meskipun berlangsung pada Hari Nasional di China daratan, tetapi itu menunjukkan peningkatan kesiapan tempur dan tekad PLA atas pulau Taiwan," ujar salah satu pakar menukil Global Times, 2 Oktober 2021.





-
Pesawat pembom H-6 milik China (bawah) dipepet F-16 Taiwan saat terbang di atas Selat Bashi. Foto: The Guardian




Otoritas Pertahanan Taiwan dalam siaran persnya merinci puluhan pesawat China yang memasuki langit wilayahnya. Disebutkan, dari 25 pesawat yang dikerahkan PLA, terdapat 18 jet tempur J-16, 4 jet tempur Su-30, 2 pesawat pengebom H-6 dan sebuah pesawat anti-kapal selam Y-8, memasuki wilayah udara Taiwan dekat Kepulauan Pratas pada Jumat siang.





Kemudian pada malam harinya, disebutkan ada 13 pesawat PLA tambahan yang masuki langit Taiwan, yaitu 10 jet tempur J-16, dua pembom H-6 dan sebuah pesawat peringatan dini KJ-500, yang terbang di Selat Bashi, sebuah selat yang memisahkan Taiwan dan Filipina.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini