Panas! China kerahkan 38 jet tempur ke Taiwan, AS siap pasang badan

- Senin, 4 Oktober 2021 | 14:05 WIB
China kirim pesawat tempur ke Taiwan. Foto: Ist.
China kirim pesawat tempur ke Taiwan. Foto: Ist.


Ketegangan antara China dan Taiwan kian memanas. Kini China bahkan mengirim 38 jet militer tempurnya untuk memasuki zona pertahanan Taiwan.





Menurut data yang disampaikan Kementerian Pertahanan Taiwan, China mengerahkan 26 jet tempur J-16, 10 jet tempur Su-30, dua pesawat peringatan anti-kapal selam Y-8 dan satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara KJ-500.





Dari peta yang diperlihatan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan, jet-jet China itu nampak di bagian paling barat daya pulau ADIZ. Jet-jet tempur Angkatan Udara China datang di sekitar Pulau Pratas, yang terletak di atas LCS dan sebenarnya lebih dekat ke Hong Kong daripada Taiwan. Demikian dikutip The Guardian, Senin 4 Oktober 2021.





Taiwan tidak tinggal diam melihat aksi Tiongkok, dari laporan CNN, Senin 4 Oktober 2021, mereka lantas mengirim sejumlah pesawat tempur, mengeluarkan peringatan radio, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara.





Taiwan marah ke China





Sejauh ini China belum mengomentari unjuk kekuatan terbarunya. Namun ini mengingatkan peristiwa pada Juni lalu, di mana hal yang sama dilakukan oleh China. Mereka mengirim 28 pesawat tempurnya ke Taiwan.

Halaman:

Editor: Rendra Saputra - Hops.ID

Tags

Terkini

Penjajakan KIB makin intensif dilakukan

Jumat, 23 September 2022 | 17:32 WIB