Arab Saudi terancam bahaya, negara diprediksi porak-poranda

- Senin, 4 Oktober 2021 | 16:34 WIB
Ka'kbah di Mekah saat diguyur hujan. Foto: Gulf Business
Ka'kbah di Mekah saat diguyur hujan. Foto: Gulf Business


Sejumlah negara di Semenanjung Arab terancam bahaya cuaca buruk usai Topan Shaheen menghantam Oman pada Minggu, 3 Oktober 2021 waktu setempat. Topan yang menyebabkan bencana banjir hingga longsor itu sedang bergerak dan diprediksi akan menuju Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi.





Usai Topan Shaheen memporak-porandakkan Oman dan menewaskan sejumlah orang, otoritas pertahanan sipil Kerajaan Arab Saudi pun mengeluarkan peringatan cuaca buruk untuk beberapa wilayah dari Senin hingga Jumat.





Menyadur Arab News, Senin 4 Oktobe 2021, pihak berwenang Arab Saudi memperingatkan soal udara di atmosfer Kerajaan, yang diperkirakan akan menyebabkan badai petir dengan hujan sedang hingga lebat dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir di ibu kota Riyadh, Provinsi Timur, Mekkah, Asir dan Najran.





Hujan sedang hingga lebat diperkirakan akan turun di Provinsi Timur pada hari Senin dan Selasa, yang akan bergerak ke beberapa wilayah Riyadh pada hari Selasa dan Rabu. Sementara Asir, Najran dan Mekkah akan diguyur hujan dengan intensitas sedang sepanjang Rabu dan Kamis mendatang.





-
Arab Saudi peringatkan cuaca ekstrem usai Topan Shaheen hantam Oman. Foto: Arab News




Peringatan itu dikeluarkan berdasarkan data yang diterima dari Pusat Meteorologi Nasional. Badan tersebut juga mengeluarkan peringatan cuaca untuk Jazan, Najran, Taif dan Asir pada hari Minggu, termasuk hujan lebat, jarak pandang rendah, angin permukaan, hujan es dan banjir.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

X