Mengenal IPSI dan sejarah panjangnya di Tanah Air

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:56 WIB
Ilustrasi pencak silat. Foto: Halodoc.
Ilustrasi pencak silat. Foto: Halodoc.


IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia terbentuk sejak 1948. Namun siapa sangka, bibit organisasi ini sudah ada sejak era kolonialisme atau pada tahun 1922.





Lantas bagaimana sejarah dan sepak terjang IPSI selaku induk olahraga Pencak Silat di Indonesia? Dalam sejumlah literasi yang dihimpun redaksi, pencak silat memang punya sejarah panjang di Tanah Air.





Olahraga bela diri ini diketahui berasal dari Indonesia. Adapun pencak silat menyebar luas melalui beragam perguruan yang punya aliran berbeda dari berbagai penjuru wilayah nusantara selama beberapa abad terakhir.





Berkembangnya cabang bela diri pencak silat belakangan menjadi tugas induk olahraga IPSI. Munculnya organisasi induk pencak silat di Indonesia adalah terlebih dahulu diawali dengan penggabungan beragam aliran bela diri tersebut di Tanah Air.





Langkah menyatukan beragam aliran pencak silat dalam sebuah induk besar organisasi telah dimulai sejak era kolonialisme Belanda, tepatnya pada tahun 1922. Ketika itu, wadah gabungan aliran pencak silat pertama berdiri di Subang, Jawa Barat dengan nama Perhimpunan Pencak Silat Indonesia.

Halaman:

Editor: Rendra Saputra - Hops.ID

Tags

Terkini

X