Sempat diumpetin Trump, jumlah bom nuklir Amerika akhirnya terungkap

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 17:36 WIB
Senjata nuklir Amerika Serikat. Foto: France 24
Senjata nuklir Amerika Serikat. Foto: France 24


Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengungkap jumlah hulu ledak nuklir untuk pertama kalinya dalam empat tahun, setelah sebelumnya mantan Presiden Donald Trump sempat menyembunyikan datanya.





Per 30 September 2020, militer Amerika mempertahankan 3.750 hulu ledak nuklir baik yang aktif maupun tidak aktif. Angka ini menurun 55 dari tahun sebelumnya dan 72 dari tanggal yang sama pada tahun 2017.





Angka tersebut juga merupakan level terendah sejak persediaan nuklir AS mencapai puncaknya pada Perang Dingin dengan Uni Soviet tahun 1965, yang pada saat itu memiliki 31.255 hulu ledak.





Angka-angka itu dirilis pada Selasa (5/10) di tengah upaya pemerintahan Presiden Joe Biden untuk memulai kembali pembicaraan kontrol senjata dengan Rusia setelah terhenti di bawah pemerintahan Trump.





"Meningkatkan transparansi cadangan nuklir negara-negara bagian penting untuk upaya nonproliferasi dan perlucutan senjata," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan, menukil France 24 pada Rabu 6 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

X