Harga Noken Souvenir PON Papua, ternyata punya sejarah panjang

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 10:02 WIB
Noken Papua, foto: Istimewa
Noken Papua, foto: Istimewa


Mungkin sejak adanya Pekan Olahraga Nasional (PON), banyak orang baru mengenal tas Noken asli Papua. Noken sendiri menjadi salah satu souvenir PON Papua sebagai tas rajutan warga setempat.





Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, noken merupakan ikon kearifan lokal Papua.





Kerajinan tas tradisional ini juga telah ditetapkan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya nonbenda pada 4 Desember 2012.





-
Noken Papua, foto: Istimewa




Secara khusus untuk lebih memperkenalkan hasil kerajinan para wanita atau dikenal dengan mama-mama di Papua, pemerintah melalui Kemenparekraf melibatkan para pengrajin tas noken dan boleh dijual selama penyelenggaraan PON.





Noken merupakan salah satu kerajinan tradisional masyarakat Papua. Dalam perkembangannya kerajinan ini tersebar hampir diseluruh wilayah, baik pegunungan hingga pesisir pantai. Bagi orang Papua noken tidak hanya berfungsi sebagai alat menyimpan (tas), tetapi juga memiliki fungsi dan makna yang luas dalam berbagai aspek, seperti sosial, ekonomi, dan budaya.

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini

X