5 Makanan yang bantu redakan asam lambung, yogurt paling mudah dicari

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi penyakit asam lambung. Foto: Alaskagi
Ilustrasi penyakit asam lambung. Foto: Alaskagi


Pandemi Covid-19 membuat banyak orang jatuh sakit, mulai dari sakit yang ringan hingga berat sekalipun. Kondisi sulit serta berbagai tekanan yang dihadapi, baik dari pekerjaan hingga keluarga membuat penyakit jadi mudah hinggap di tubuh seseorang.





Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat saat pandemi ini adalah naiknya asam lambung. Bukan tanpa alasan penyakit ini banyak dialami oleh masyarakat saat pandemi. Pasalnya, kondisi pandemi membuat banyak orang menjadi stres yang kemudian memicu naiknya asam lambung.





Faktor stres memang memegang peranan besar di balik naiknya asam lambung yang dialami oleh banyak orang saat pandemi Covid-19.Tekanan yang besar saat pandemi, kendala yang dialami saat bekerja dari rumah, hingga gaya hidup yang tidak sehat akibat terlalu sering berada di rumah menjadi beberapa faktor mengapa asam lambung mudah naik saat pandemi.





Penyakit asam lambung sendiri adalah kondisi yang terjadi ketika asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Meskipun kondisi tersebut umum terjadi, penyakit asam lambung juga bisa menyebabkan gejala yang mengganggu seperti sensasi panas di dada. Kondisi naiknya asam lambung yang lebih parah dan bersifat kronis disebut gastroesophageal reflux disease (GERD).





Mengutip laman Halodoc, salah satu penyebab asam lambung naik adalah karena katup kerongkongan bawah melemah atau rusak. Selain itu, faktor makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini