Rusia dan AS rilis jumlah senjata nuklir, terungkap siapa yang paling banyak

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:29 WIB
Rudal milik Rusia. Foto: Newsweek
Rudal milik Rusia. Foto: Newsweek


Dua negara superpower dunia, Rusia dan Amerika Serikat telah merilis jumlah senjata nuklir yang masing-masing miliki, di tengah hubungan antara Rusia dan NATO yang memanas.





Kementerian Luar Negeri Rusia pada Senin (25/10) kemarin menerbitkan laporan terbarunya tentang jumlah total senjata ofensif strategis, sebuah penghitungan yang diperlukan setiap enam bulan oleh Moskow dan Washington sesuai dengan perjanjian Pengurangan Senjata Strategis Baru (New START), yang berlaku sejak 2011.





Diketahui, perjanjian itu memberikan batasan dan langkah-langkah verifikasi timbal balik terhadap dua negara besar tersebut. Sempat hampir berakhir di masa pemerintahan Trump, perjanjian itu akhirnya disepakati diperpanjang di masa pemerintahan Biden.





Melansir laman Newsweek, Selasa 26 Oktober 2021, dalam laporan tersebut, Rusia disebutkan memiliki 527 rudal balistik antar benua (ICBM) , rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM), dan pembom berat.





Kemudian, Rusia juga memiliki 1.458 hulu ledak yang dikerahkan pada ICBM dan SLBM serta pengebom berat yang dikerahkan. Selain itu, Rusia tercatat memiliki 742 peluncur ICBM dan SLBM yang dikerahkan dan yang tidak, serta pengebom berat yang dikerahkan dan tidak dikerahkan.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

X