Dikecewakan AUKUS, Perancis mulai 'PDKT' sama Indonesia

- Senin, 1 November 2021 | 11:27 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Perancis, Emmanuel Macron. Foto: Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi dan Presiden Perancis, Emmanuel Macron. Foto: Sekretariat Presiden


Sejak dikecewakan oleh pakta pertahanan AUKUS yang disepakati oleh Australia, Inggris dan Amerika Serikat untuk mengimbangi dominasi China di Indo-Pasifik, Perancis kini memalingkan mata ke negara-negara Asia Tenggara, utamanya Indonesia, untuk menjalin hubungan strategis yang lebih erat di kawasan Pasifik.





Di sela-sela KTT G20 di Roma, Italia, Presiden Perancis Emmanuel Macron bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo selama setengah jam untuk membahas pengaruh ekonomi yang tengah berkembang di Asia Tenggara dan juga soal persaingan antara Amerika Serikat dan China.





"(Indonesia dan Perancis) memutuskan untuk bekerja sama pada kemitraan strategis sejati di Indo-Pasifik," kata pihak Perancis, dilansir dari RFI, Senin 1 Oktober 2021.





"Bersama jajaran mitra, kita akan terus bertindak agar kawasan Indo-Pasifik tetap menjadi ruang untuk perdamaian dan kerja sama. Perihal ini, Indonesia adalah pelaku utama, lebih dari sekadar mitra, yakni sahabat, Joko Widodo yang terhormat," tulis Emmanuel Macron di laman Facebook-nya dalam Bahasa Indonesia.





-
Presiden Jokowi dan Presiden Perancis, Emmanuel Macron. Foto: Facebook




Macron menambahkan, kemitraan tersebut utamanya akan mencakup pertanyaan tentang transisi ekologi, dukungan untuk lapangan kerja dan pertumbuhan di Indonesia serta kebangkitan pasca pandemi Covid.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

X