Bangkitnya Militer China bikin Pentagon ngeri: Akan lampaui Amerika Serikat

- Senin, 1 November 2021 | 16:46 WIB
Pentagon. Foto: Fox News
Pentagon. Foto: Fox News


Bangkitnya militer China dan dorongannya untuk mengakhiri dominasi Amerika Serikat di Asia-Pasifik mengguncang Pentagon. Para pejabat AS melihat kebangkitan China dengan cepat terakumulasi di berbagai bidang, mulai dari persenjataan nuklir, kemajuan di bidang ruang angkasa, hingga melesatnya teknologi siber dan rudal mereka.





"Langkah di mana China bergerak sangat menakjubkan," kata Jenderal John Hyten, perwira tertinggi kedua militer AS, yang sebelumnya memimpin pasukan nuklir AS dan mengawasi operasi ruang angkasa Angkatan Udara.





Laporan AP menyebut, yang dipertaruhkan dalam hal ini adalah potensi pergeseran dalam keseimbangan kekuatan global yang selama ini telah menguntungkan Amerika Serikat selama beberapa dekade.





Penataan kembali yang lebih menguntungkan bagi China tidak menimbulkan ancaman langsung bagi Amerika Serikat, tetapi dapat memperumit aliansi AS di Asia.





Melansir Independent, 1 November 2021, untuk saat ini, para pejabat AS mengagumi bagaimana Beijing menyusun sumber daya, teknologi, dan kemauan politik untuk mendapatkan keuntungan yang cepat, bahkan sangat cepat sehingga pemerintahan Biden berusaha untuk mengarahkan kembali semua aspek kebijakan luar negeri dan pertahanan AS.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

X