Latihan perang skala besar, Iran pede lawan Amerika dan Israel sekaligus

- Senin, 8 November 2021 | 15:32 WIB
Bendera Iran. Foto: AP
Bendera Iran. Foto: AP


Republik Islam Iran memulai latihan militer berskala besar pada hari Minggu (7/10) kemarin. Langkah itu dilakukan beberapa minggu sebelum negosiator akan bertemu untuk upaya baru menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015. Dalam latihan itu, Iran juga mengaku siap untuk melawan Amerika Serikat (AS) dan Israel sekaligus.





Latihan yang dinamai Zolfaghar-1400 itu mencakup manuver di beberapa bagian Laut Merah dan Teluk Oman. Angkatan Laut dan Angkatan Udara Iran berlatih menyerang sasaran dengan menggunakan berbagai macam drone dan senjata lainnya.





Media Iran melaporkan, latihan digelar di bagian selatan negara tersebut, dengan koordinasi dengan pasukan Angkatan Darat dan Unit Respons Cepat.





-
Tentara Iran. Foto: RT




Melansir laman RT, Senin 8 November 2021, juru bicara latihan tersebut, Laksamana Muda Mahmoud Mousavi, mengatakan bahwa berbagai cabang militer sedang berlatih untuk melakukan serangan mendadak terhadap musuh. Jet tempur F-4 berlatih mengenai sasaran angkatan laut dengan rudal anti-kapal.





Komandan Markas Pusat Khatam-al Anbiya, Mayor Jenderal Gholam Ali Rashid, mengatakan pasukan Iran selalu siap untuk konfrontasi strategis, operasional dan taktis dalam pertahanan melawan Amerika Serikat (AS) dan Israel sekaligus.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

X