Lagi tegang sama AS, Xi Jinping warning soal Perang Dingin di Asia-Pasifik

- Kamis, 11 November 2021 | 08:01 WIB
Presiden China Xi Jinping. Foto: Csmonitor
Presiden China Xi Jinping. Foto: Csmonitor


Presiden China, Xi Jinping pada Kamis (10/11) memperingatkan agar wilayah Asia-Pasifik tidak kembali lagi ke ketegangan era Perang Dingin. Xi juga mendesak kerja sama yang lebih besar dalam pemulihan pandemi dan perubahan iklim.





Peringatan itu dibuat di tengah meningkatnya ketegangan China dengan Amerika Serikat atas Taiwan. Xi mengatakan semua negara di kawasan Asia-Pasifik harus bekerja sama dalam menghadapi tantangan bersama.





"Upaya untuk menarik garis ideologis atau membentuk lingkaran kecil dengan alasan geopolitik pasti akan gagal," kata Xi Jinping dalam konferensi bisnis virtual di sela KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik, dilansir dari AFP, Kamis 11 November 2021.





-
Bendera China dan Amerika Serikat. Foto: Transport Topics




"Wilayah Asia-Pasifik tidak dapat dan tidak boleh terulang kembali ke dalam konfrontasi dan perpecahan era Perang Dingin," lanjut Xi.





Lebih lanjut, Xi Jinping juga menyerukan upaya bersama untuk menutup kesenjangan vaksin Covid-19 di sejumlah negara, dengan membuat vaksin lebih mudah diakses dan didapat oleh negara-negara berkembang.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini