Muhammadiyah 'kenyang' di Orde Baru dan paling untung? Ini kata Haedar Nashir

- Jumat, 12 November 2021 | 14:58 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir


Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meluruskan anggapan Muhammadiyah ormas Islam paling diuntungkan di masa Orde Baru. Ada pula yang menilai Muhammadiyah 'kenyang' di masa Orde Baru.





Memang di masa Orde Baru beberapa kader Muhammadiyah jadi langganan posisi menteri agama dalam beberapa periode, namun Haedar berdalih terpolihnya kader Muhammadiyah itu murni berdasarkan kalkulasi ideologis, yakni sesuai dengan visi pembangunan yang diandalankan dari Orde Baru.





Muhammadiyah politik jujur tegas





Haedar mengatakan Muhammadiyah tidak terbiasa dengan politik konspirasi, membangun lobi dengan tukar tambah kekuasaan atau melakukan manuver politik untuk memperebutkan kursi jabatan.





-
Logo Muhammadiyah. Foto Instagram @fauzanazkhann




Muhammadiyah tidak biasa politik konspirasi. Tapi politik yang biasa-biasa saja, politik yang jujur, tegas, argumentatif, dan tidak berorientasi pada kekuasaan. Maka kalau kemudian di era Orde Baru sekalipun, itu lahir tokoh-tokoh Muhammadiyah yang masuk ke kabinet, hal tersebut tidak minta dan tidak merupakan hasil rembugan dengan PP Muhammadiyah,” tutur Haedar dikutip dari laman Muhammadiyah, dikutip Jumat 12 November 2021.





Haedar menerangkan saat Orde Baru berkuasa, rezim ini melakukan marginalisasi politik Islam, yaitu mengeluarkan kebijakan deideologisasi.

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis - Hops.ID

Tags

Terkini