Eks KSAU aneh, Prabowo kok borong pesawat A400M Rp4,4 T: Untuk apa?

- Senin, 22 November 2021 | 09:47 WIB
Marsekal TNI (purn) Chappy Hakim. Foto: Ist.
Marsekal TNI (purn) Chappy Hakim. Foto: Ist.


Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia akan memiliki pesawat canggih Airbus A400M, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat ini telah memesan dua pesawat jumbo tersebut.





Di mana harga satu unitnya mencapai Rp2,2 triliun. Itu artinya RI siap merogoh kocek Rp4,4 triliun untuk menebus dua pesawat canggih tersebut. Karena terpikat kecanggihannya pula, Prabowo bahkan berniat menambah pesanannya atas A400M yakni sebanyak empat unit lagi.





Adapun dua pesawat canggih ini sengaja dibeli Prabowo untuk multiperan tanker dan pesawat angkut personel. Pemesanan dilakukan Prabowo di sela-sela pameran dirgantara Dubai. Kontrak pesanan akan berlaku efektif pada tahun 2022.





Termasuk paket dukungan lengkap perawatan dan pelatihan. Prabowo menilai, pesawat ini akan memiliki peran penting dalam misi kemanusiaan dan penanganan bencana.





Prabowo kok borong Airbus A400M





Publik tentu bertanya-tanya, seperti apa pesawat ini dan seberapa bermanfaat bagi Indonesia. Terkait hal ini, Eks KSAU Marsekal (purn) Chappy Hakim angkat bicara. Dia juga melontarkan kritiknya pada Prabowo atas pembelian dua pesawat A400M.

Halaman:

Editor: Rendra Saputra - Hops.ID

Tags

Terkini

X