Refly ungkap siapa saja beking kuat Pemuda Pancasila: Sampai sekelas…

- Jumat, 26 November 2021 | 11:28 WIB
Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. Foto: Dok Antara.
Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. Foto: Dok Antara.


Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun tiba-tiba menyebut nama beking kuat ormas Pemuda Pancasila. Apa maksudnya?





Diketahui Refly turut mengomentari ramainya pemberitaan soal ormas PP ini. Di mana, mereka dianggap membuat kericuhan usai mengeroyok perwira menengah saat menggelar aksi di depan Gedung DPR meminta agar politisi PDIP Junimart Girsang dipecat.





Menurut Refly, kasus PP sejatinya bisa dijadikan pembelajaran bahwa orang-orang tak bisa sembarangan memberi statemen. Mereka dianggap harus peka atas apa yang hendak disampaikan. Apalagi Junimart bisa seenaknya meminta agar PP dibubarkan.





Bagi Refly, janganlah menganggap perilaku satu, dua oknum, dengan menggeneralisir ormas tersebut. Andaipun bersalah, maka oknum itu kata dia, bisa diproses hukum. Termasuk ormasnya sekalipun.





"Sebenarnya ormas memang bisa dipidanakan, baik terhadap anggotanya maupun atas nama ormas itu sendiri. Tetapi kalau itu mau pakai cara menghargai hukum. Tapi kalau tidak, ya seperti HTI dan FPI, main bubarkan saja walau sampai sekarang belum ada alasan jelas kenapa dibubarkan," kata Refly di saluran Youtube-nya, dikutip Hops.id, Jumat 26 November 2021.

Halaman:

Editor: Rendra Saputra - Hops.ID

Tags

Terkini