Pesan Habib Hasan: Cucu nabi mestinya berakhlak baik, bukan malah kasar

- Senin, 29 November 2021 | 10:08 WIB
Habib Hasan Mulachela foto: Istimewa
Habib Hasan Mulachela foto: Istimewa


Sebelum meninggal dunia, Habib Hasan Mulachela sempat menyampaikan pesan penting untuk para zuriah atau keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia. Dia mengatakan, jika benar memiliki hubungan darah dengan Rasulullah, maka bersikaplah lemah lembut kepada siapapun.





Habib Hasan yang merupakan tokoh agama terpandang di Solo, Jawa Tengah mengingatkan, ilmu merupakan hal penting yang harus didalami para keturunan nabi. Namun, kata dia, akhlak dan kepribadian baik tak boleh ditinggalkan.





“Justru kalau cucu Kanjeng Rasul itu, akhlaknya harus baik. Jadi, utamakan akhlak, baru kemudian ilmu,” ujar Habib Hasan pada pernyataan yang disampaikan akhir tahun lalu, dikutip Hops dari Suara, Senin 29 November 2021.





-
Habib Bahar bin Smith. Foto: Instagram




Itulah mengapa, dia mengaku kecewa setiap kali melihat ada zuriah nabi yang bicara kasar dan berlaku semena-mena. Padahal, Rasulullah selalu mengingatkan untuk menjauhi tindakan tersebut.





Dia menyarankan, saat mengadakan Maulid Nabi, semangat kebaikan yang selalu ditampilkan Nabi Muhammad sebaiknya dihidupkan kembali. Tujuannya supaya orang-orang—terutama umat Islam—tak lupa dengan pentingnya akhlak kepada sesama manusia.

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi - Hops.ID

Tags

Terkini

X