Kini lantang menolak, dulu Ferdinand ikut Reuni 212 pakai peci tauhid

- Kamis, 2 Desember 2021 | 17:52 WIB
Ferdinand Hutahaean di Reuni 212 2018.
Ferdinand Hutahaean di Reuni 212 2018.


Ferdinand Hutahaean menjadi salah satu tokoh nasional yang secara tegas menolak digelarnya Reuni 212. Sebab, menurut pengakuannya, kegiatan tersebut tak ada gunanya dan hanya membuang-buang waktu.





Namun, menariknya, saat masih menjabat di Partai Demokrat, atau tepatnya tiga tahun lalu, Ferdinand sempat hadir di Reuni 212. Bahkan, sama seperti peserta lain, dia mengenakan pakaian serba putih dan kopiah hitam bertuliskan kalimat tauhid.





Pada kesempatan tersebut, Ferdinand turut menyampaikan aspirasi pribadinya terhadap pemerintahan Jokowi. Kala itu, dia yang masih berstatus sebagai oposisi mengingatkan pemimpin negara agar tak menganggap Reuni 212 sebagai suatu ancaman.





"Jangan dilihat (Reuni) 212 itu sebagai ancaman politik untuk Jokowi. Dilihat itu bahwa semangatnya persatuan. Kalau perlu Jokowi hadir di sana, kan itu lebih baik daripada dilakukan upaya-upaya pencegahan," ujar Ferdinand saat itu, dikutip Hops dari Era, Kamis 2 Desember 2021.





-
Ferdinand Hutahaean. Foto: Twitter.




Ferdinand saat itu yakin, tidak ada aturan dan hak-hak pribadi yang dilanggar dalam aksi tersebut. Dia menekankan, pemerintah mestinya memfasilitasi dan menjaga aksi tersebut agar lancar dan damai.

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi - Hops.ID

Tags

Terkini

X