Kondisi hujan, aktifitas gunung Semeru diprediksi begini

- Senin, 6 Desember 2021 | 06:58 WIB
Gunung Semeru
Gunung Semeru


Cuaca hujan yang diprediksi terjadi hari ini di wilayah kubah lava Gunung Semeru Jawa Timur. Diperkirakan akan memuntahkan lahan dingin dan awan patas susulan, warga pun diminta waspada terhadap kondisi tersebut.





Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono arah terhadap laha dingin yang bisa dimuntahkan Semeru diperkirakan bisa menuju Selatan dan Tenggara.





"Dengan curah hujan maka potensi dari lahar dingin juga mengarah ke selatan dan tenggara yang paling besar. Oleh karena itu untuk sementara memang sebaiknya tidak ada aktivitas di sana," katanya konferensi pers BNPB yang diikuti virtual di Jakarta, mengutip dari Antara.





-
Video santuy warga +62, asap erupsi gunung Semeru malah jadi tontonan. Foto: Instagram




Dijelaskannya, jika posisi Semeru berada di dua wilayah yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Karenanya petugas tanggap bencana diminta memerhatikan setiap perubahan cuaca yang terjadi di sekitar lokasi bencana.





Sangat diimbau agar menghindari kawasan terdampak. Hal itu karena terdapat potensi lahar akibat hujan lebat yang dapat mengancam keselamatan warga , termasuk tim pencari.

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini

Wah Giring ikut-ikutan: Kalimantan bukan untuk setan!

Senin, 24 Januari 2022 | 14:20 WIB
X