Ulama NU tahu penyebab reuni 212 makin lembek: Mereka sudah berubah

- Senin, 6 Desember 2021 | 10:01 WIB
Reuni 212. Foto: Antara
Reuni 212. Foto: Antara


Ulama Nahdlatul Ulama (NU) Syafiq Hasyim menganalisa mengapa gerakan reuni 212 kini mulai melembek. Diketahui reuni 212 memang sempat digaung-gaungkan kembali akhir tahun ini. Tadinya reuni akan diselenggarakan di Jakarta, terutama kawasan Monas dan sekitarnya.





Namun digagalkan karena belum mengantongi izin dan akhirnya dibubarkan. Ulama NU yang juga pengajar di FISIP UIN Syarif Hidayatullah ini bilang sebenarnya gerakan reuni 212 pada saat ini telah kehilangan relevansinya.





Bahkan nyaris kegiatan yang dilakukan pasca 2017 oleh mereka, dipandang tak ada yang berhasil. Itu terjadi karena sejumlah hal.





"Pasca 2017 tidak ada yang berhasil, agenda ekonomi umat pasca 2017 tak begitu terlihat. Pendirian mart 212 bahkan semakin sulit kita temukan keberadaannya," kata Syafiq disitat Cokro TV, Senin 6 Desember 2021.





Menurut dia, ini dikarenakan tokoh-tokoh politik yang ada di tubuh gerakan reuni 212 kini sudah sibuk dengan agenda politiknya masing-masing. Dan menariknya, kini mereka seolah lebih berorientasi pada kegiatan agitasi-nya ketimbang pengajian.

Halaman:

Editor: Rendra Saputra - Hops.ID

Tags

Terkini