RR heran anak Jokowi bisa investasi ratusan miliar: Duit dari mana, jualan pisang dan martabak?

- Selasa, 14 Desember 2021 | 09:47 WIB
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep

Aktivis sekaligus pakar ekonomi senior, Rizal Ramli mengungkapkan keheranannya dengan anak-anak dari Presiden Jokowi yang mampu investasi hingga ratusan miliar.

Awalnya mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia ini membahas soal standar etika politik yang seharusnya dimiliki oleh para pemangku kekuasaan alias pejabat saat ini.

-
Presiden Jokowi. Foto: setkab.go.id

Sebagaimana prinsip hidup standar etika politikus Eropa dan tokoh kemerdekaan Indonesia, mereka tidak ingin menyalahgunakan kekuasaan untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Sebut saja Mohammad Hatta dan Agus Salim yang memilih untuk hidup sederhana meskipun memiliki jabatan tinggi di pemerintahan,

"Tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, rata-rata standar etikanya seperti di Eropa, orang-orang seperti Mohammad Hatta, Agus Salim, dan sebagainya. Mereka tidak mau menyalahgunakan kekuasaannya untuk memperkaya atau mencari keuntungan diri sendiri," kata Rizal Ramli dalam acara bedah buku bertajuk 'Keserakahan di Tengah Pandemi', dikutip Hops.id pada Selasa, 14 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa - Hops.ID

Tags

Terkini