Muslim tak ucapkan selamat Natal, KH Luthfi Bashori: Haram selamanya haram

- Selasa, 14 Desember 2021 | 10:00 WIB
KH Lutfhi Bashori. Foto: Ist.
KH Lutfhi Bashori. Foto: Ist.

Menjelang 25 Desember, perdebatan mengenai 'ucapan selamat Natal' kembali mencuat di kalangan publik. Banyak pihak yang hingga kini masih mempertanyakan, bagaimana hukumnya? Haram atau sebaliknya dibolehkan.

Terkait hal ini, Pengasuh Pondok Pesantren Ribath Al-Murtadla Al-Islami, Singosari, Malang, KH Luthfi Bashori mengatakan secara tegas.

Dia memahami saat ini ada banyak muslim yang menanyakan seputar boleh tidaknya mengucapkan selamat Natal pada kaum Nasrani. Kata KH Luthfi Bashori, ada yang menyatakan padanya jika dahulu memang kelompok ulama terdahulu memang mengharamkan mengucapkan hal itu kepada orang Nasrani.

Dengan alasan, karena waktu itu para ulama salafi berijtihad, bahwa seseorang yang menyatakan 'selamat' pada kaum Nasrani mengakui Ketuhanan Yesus Kristus atau kelahiran Yesus itu anak Tuhan yang lahir pada 25 Desember 2021.

"Nah seiring bergulirnya waktu, maka ditemukan zaman di mana ucapan itu tak lagi diharamkan. Kenapa? Karena ucapan itu perlu dilakukan, karena dianggap sebagai basa-basi pergaulan atau hubungan sesama anak bangsa dan lain sebagainya," katanya dikutip dari saluran NU Garis Lurus, Rabu 14 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Rendra Saputra - Hops.ID

Tags

Terkini