Aksi heroik prajurit Kostrad gertak bos partai besar hingga nyali ciut

- Jumat, 14 Januari 2022 | 19:25 WIB
Pasukan Kostrad (Kostrad. garu999.wordpress.com)
Pasukan Kostrad (Kostrad. garu999.wordpress.com)

Kehebatan dan karisma prajurit Kostrad tercatat harum dalam sejarah militer Republik Indonesia (RI). Pada masanya, salah satu pasukan elite TNI AD ini berani gertak bos partai hingga nyalinya ciut.

Peristiwa itu terjadi di Kota Solo dalam insiden pelarian Ketua Umum Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit yang berujung dilakukan penangkapan dramatis.

Dikisahkan dalam buku Bakri AG Tianlean bertajuk 'Bung Karno Antara Mitos dan Realita, Dana Revolusi', pasca gerakan 30 September yang gagal dijalankan oleh Letkol Untung Syamsuri dan kawan-kawan, DN Aidit disebut panik lalu kabur dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat Dakota ke wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Lirik Lir Ilir lengkap terjemahan, makna, dan sejarah lagu

DN Aidit sempat berpindah ke berbagai tempat persembunyian hingga Aidit memilih Kota Solo sebagai tempat bertahan dari kejaran tentara angkatan darat.

Namun pada akhirnya lokasi persembunyian pentolan paham komunis di Indonesia itu berhasil terendus pada malam hari, 22 November 1965. Sekelompok tentara menyatroni rumah Kasim, seorang kader PKI yang dipakai Aidit untuk bersembunyi.

Adapun sekelompok tentara itu merupakan pasukan pimpinan Kolonel Jasir Hadibroto yang memang ditugaskan Pangkostrad Mayjen Soeharto dikirim ke Jawa Tengah untuk membantu pasukan RPKAD yang dipimpin Sarwo Edhie Wibowo membersihkan dan mengejar para pentolan PKI.

Sesaat setelah masuk ke rumah Kasim, sekelompok tentara itu langsung menggeledah ruangan, demi ruangan yang ada dalam rumah.

Pasukan Kostrad (Antaranews)

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X