Demi ekonomi, Indonesia hapus larangan masuk daftar 14 negara ke Tanah Air

- Jumat, 14 Januari 2022 | 10:12 WIB
Ilustrasi Bandara.
Ilustrasi Bandara.

Hops.ID - Satgas penanganan Covid-19 secara resmi memutuskan hapus daftar 14 negara dengan transmisi komunitas Omicron WNA yang dilarang masuk ke Indonesia. Keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 02/2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi COVID-19.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, ada banyak pertimbangan mengapa Indonesia kemudian hapus daftar 14 negara dengan transmisi komunitas Omicron WNA.

"Kalau pengaturan pembatasan daftar negara masih tetap ada maka akan menyulitkan pergerakan lintas negara yang masih diperlukan untuk mempertahankan stabilitas negara termasuk pemulihan ekonomi nasional," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, dalam keterangan tertulis, dikutip Hops.ID, Jumat 14 Januari 2022.

Situasi Bandara Soetta usai pelonggaran transportasi. Foto: Instagram.

Baca Juga: Terkaget-kaget, ini reaksi Ubedilah Badrun usai dengar mau dilaporkan ke Polisi

Lebih jauh, disampaikan, aturan itu didasari karena saat ini varian Omicron telah meluas ke 150 negara atau 76 persen negara di dunia. Adapun ke-14 negara tersebut adalah; Afrika Selatan, Botswana, Norwegia, Prancis, Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Namibia, Eswatini, Lesotho, Inggris, dan Denmark.

Bandara Kertajati

Pada aturan terbaru ini, pemerintah juga tetapkan masa karantina pelaku perjalanan luar negeri menjadi 7 x 24 jam. Sebelumnya ada ketentuan karantina 10 x 24 jam untuk WNI yang datang dari sejumlah negara terdampak omicron.

Baca Juga: Nih foto penendang sesajen ditangkap polisi

Halaman:

Editor: Rendra Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wah Giring ikut-ikutan: Kalimantan bukan untuk setan!

Senin, 24 Januari 2022 | 14:20 WIB
X