Gempa 6,7 Banten bukan ancaman sebenarnya, ini dia ancaman sesungguhnya

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:08 WIB
Gempa Bumi Banten 6,7  (Twitter @DaryonoBMKG)
Gempa Bumi Banten 6,7 (Twitter @DaryonoBMKG)

Hops.ID - Gempa bumi magnitudo 6,7 Ujung Kulon Banten kemarin mengagetkan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat terdampak gempa. Tapi jangan salah lho, Gempa Ujung Kulon Banten kemarin itu bukan ancaman sesungguhnya.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan ancaman gempa sesungguhnya di sekitar Selat Sunda adalah segmen megathrust Selat Sunda. Ada apa di sana sih?

Jadi Daryono menjelaskan, segmen di pantai selatan tersebut bisa memicu gempa yang dahsyat, magnitudonya bisa mencapai 8,7.

Baca Juga: Kalina Ocktaranny curiga: Apa ini cari alasan untuk ceraikan aku?

Gempa 6,7 Banten bukan ancaman sesungguhnya

Mengapa Daryono mengatakan gempa dari segmen megathrust Selat Sunda ini ancaman. Sebab selain punya potensi gempa dengan magnitudonya besar, gempa besar di segmen itu bisa terjadi kapan saja lho.

Di wilayah segmen itu sudah lama tak terjadi gempa besar, artinya kapan saja bisa terjadi gempa besar bila melihat siklus sudah lama tak terjadi gempa besar.

"Ini (gempa besar di megathrust Selat Sunda) dapat terjadi sewaktu-waktu, inilah ancaman yang sesungguhnya, kapan saja dapat terjadi. Karena Selat Sunda ini merupakan salah satu zona seismic gap di Indonesia yang selama ratusan tahun belum terjadi gempa besar," jelas Daryono dikutip dari postingannya di Instagram, Sabtu 15 Januari 2022.

Gempa Banten terupdate 6,6 Magnitudo dengan 5 kali gempa susulan. (twitter/@daryonoBMKG)

Baca Juga: Vidi Aldiano dan Sheila Dara resmi menikah, maskawin jadi sorotan: Segini totalnya kalau diubah ke rupiah

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: Instagram @daryonobmkg

Tags

Artikel Terkait

Terkini